Menu

Jumat, 09 Mei 2014

Manajemen Sumber daya manusia



Pernahkah anda berpikir tentang memanajemen manusia? Saya rasa sama seperti saya tidak. Pentinggkah ada perlajaran SDM? Mari kita bahas tentang pelajaran ini. 

Kita lihat dari organisasinya. Pasti SDM berkaitan dengan ketenagakerjaan dan itu mencangkup terhadap organisasi. Sekarang apa itu  organisasi?   
                                                                                 
Ini kata ku. Organisasi merupakan sekumpulan orang yang berkumpul mempuyai satu tujuan yang sama (cita – cita) dalam organisasi pasti anda tahu bahwa mempunyai seorang pemimpin tentunya untuk memanajemen organisasi itu sendiri  dan pastinya mengelola organisasi itu sendiri untuk melakukan tujuan yang telah di rencanakan. Sekarang kita berbicara SDM nya. SDM harus di cari yang tepat dan berkarakter, oleh sebab itu harus diseleksi untuk mencapai ang dibutuhkan loh. Setelah sudah diseleksi agar lebih mantap lagi dilakukan diklat untuk menambah wawasan dan berkrakter setelah itu menguasai IPTEK lebih penting lagi.
Unsur pembentuk Manusia terbagi 2
1.      Luar -> Jasmani
2.      Unsur dalam => rohani
Rohani terbagi 3 yaitu tekat , pandangan hidup dan kemauan.
Coba anda banyang kan dengan  kata – kata di atas.
Faktor luar mencangkup untuk bergerak dan beraktifitas. Tanpa hal tersebut sulit untuk bergerak.
Pandangan hidup -> jika hidup sederhanta tetapi terbatas akan tetapi -> gerakan terbatas -> Hasil yang diperoleh bersifat semu. Maka hasil tersebut terbatas makanya akan bersifat sia – sia. Semua tersebut harus balance luar dan dalam.
4 daya manusia
Daya akal = penguasaan IPTEK, penguaaan IPTEk penting dalam mempermudah dalam penyelesaian sesuatu pekerjaan dengan mudah. Ilmu, mencapai tujuan dengan ilmu dengan mudah dan teknologi, mempercepat akttifitas tertentu.
Daya kolbu = kolbu merupakan kenikmatan, kesakitan, keindahan, kesakitan, benci dan cinta. bersifat terhadap merasakan hal sesuatu dari dalam diri.
Daya tubuh = kekuatan fisik, terjadi pada luar tubuh. Luar tubuh yang menompak dalam kekuatan luar.
Daya hidup = Akal (otak) , kolbu (perasaan) , tubuh (luar) dan sekarang apa itu hidup merupkan  kemauan. Setelah akal,kolbu,tubuh serta tanpa kemauan seperti hidup tidak akan terjadi apa – apa. Hidup (kemauan) = mengembangkan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari ancaman.
                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar